Sabtu, 30 Juli 2016

MANFAAT KONSUMSI KEFIR BENING(WHEY)

Kefir Bening terbuat dari whey yang terbentuk pada saat proses pembuatan Kefir. Mikrobia yang ada di kefir menghasilkan asam dan enzim yang membuat susu terpisah jadi dua, curd (dadih) dan whey (cairan kuning bening).
Sebagian besar protein dan lemak susu akan terdapat di curd, sedangkan di whey akan tersisa fraksi-fraksi larut air.
Beberapa senyawa yang terbukti memiliki manfaat kesehatan akan terdapat di whey, sebab mereka larut air. Contohnya adalah kefiran (polisakarida khas kefir) dan peptida-peptida bioaktif (hasil pemotongan protein susu oleh enzim). Kefir ini dikenal di Indonesia sebagai obat diabetes. Kefir Bening mengandung sekitar 320 kcal per liter… whey protein dengan kadar sekitar 0,8% - 1%. Merupakan campuran dari beta-lactoglobulin (~65%), alpha-lactalbumin (~25%), bovine serum albumin (~8%) dan immunoglobulins.

Manfaat dan khasiat mengkonsumsi whey protein antara lain:
1. Mengurangi Berat Badan – bekerja secara signifikan dalam membuang lemak dan menunjukan hasil yang cukup baik dalam pembentukan otot (bagus bagi olahragawan).
2. Berfungsi sebagai Anti-Kanker - Hasil yang menjanjikan telah dipublikasikan dalam journal Anticancer Research dalam penggunaan whey protein concentrate (WPC) and glutathione modulation in cancer treatment.5
3. Mengobati kolesterol – menurut studi yang sudah dipublikasikan pada The British Journal of Nutrition, "ada pengurangan signifikan pada total kolesterol dan LDL kolesterol dalam kurun waktu 12 minggu (konsumsi rutin).
4. Asma - whey protein dapat meningkatkan imunitas pada anak-anak yang terkena gejala sakit asma. Sebuah studi yang dimuat pada International Journal of Food Science and Nutrition, ditemukan bahwa anak-anak dengan keluhan asma yang diberi tambahan suplemen whey selama 1 bulan, mempunyai peningkatan respon cytokin. 
5. Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan mengurangi resiko serangan jantung. Penelitian yang dipublikasikan pada International Dairy Journal menemukan bahwa suplemen yang mengandung whey protein secara signifikan mengurangi serangan tekanan darah tinggi pada pasien. Hal ini juga akan mengurangi terjadinya serangan jantung dan stroke.
Kefir Bening merupakan minuman isotonik dengan kualitas SUPER, karena paling sesuai dengan cairan tubuh manusia dan hewan pada umumnya. Untuk penderita diabetes, Kefir ini sekaligus berfungsi sebagai asupan insulin, karena seperti kita ketahui, insulin yang digunakan oleh penderita diabetes juga ada yang berasal dari insulin sapi. Kefir ini sangat cepat mengatasi dehidrasi, baik akibat panas, keluar keringat berlebihan maupun sebagai pengganti oralit, karena lebih bagus dan seimbang daripada oralit.
Kefir ini juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan asinan (sauerkraut) dan pengganti cuka dapur yang aman terhadap iritasi lambung.


1 komentar:

  1. Klw gak sempet sarapan sblm kerja, sy minum kefir whey..sampe siang lupa klw sy blm sarapan. Sepertinya cucok buat diet nih

    BalasHapus